May 11, 2008

Indahnya Kompetisi

"Kompetisi", "Kompetitor", nampaknya kata-kata yang membuat resah dan menjadikan perusahaan harus siap berperang. Apakah maknanya negatif ?

Para marketer pasti akan merasa sebel, jika perusahaan kompetitor sedikit saja membuat ulah (misalnya diskon, bagi-bagi hadiah atau gelar event tertentu). Ada seorang manager marketing sebuah perusahaan jasa yang mengungkapkan " Kenapa sih, perusahaan X itu? Kondisi pasar tenang-tenang begini dia banting harga dan menebar issue; kalau dia tidak berulah kan sama-sama enak?". Sejenak saya heran, kenapa kalimat seperti itu keluar dari seorang manager marketing ? Saya rasa kalimat seperti itu pantasnya keluar dari staf marketing yang baru direkrut perusahaan.

Kompetisi bagi saya merupakan seni dalam dunia marketing. Tak ada kompetisi, maka tak butuh ada marketing, tak butuh teori branding maupun advertising. Adanya kompetitor membuat setiap perusahaan berpacu, berfikir kreatif untuk memberikan value terbaik pada pelanggannya. Bagi perusahaan yang lengah, tak jeli melihat peluang pasar dan tidak melakukan tindakan inovatif dapat dipastikan, lambat laun pangsa pasar akan berkurang dan seiring dengan pergantian pengambilan keputusan pada pelanggan maka habislah pangsa pasarnya (ingat kasus surabaya post dan ritadent).

Bagaimana bisa bertahan di tengah kompetisi ? Sebenarnya tidak usah muluk-muluk; ikuti saja teori marketing klasik 4P secara berkesinambungan dan terus update dengan perkembangan pasar. Untuk bisa demikian, pasti dibutuhkan data mining dan riset pemasaran. Sangat mustahil sebuah perusahaan dapat bertahan tanpa adanya improvement. Improvement yang tepat bisa dilakukan dengan informasi yang cukup dari datamining maupun riset pemasaran.

Lalu riset pemasaran seperti apa yang bisa dilakukan ?
Semua bergantung pada kondisi data awal anda, anda bisa memulai dengan customer satifaction research, segmentation research, positioning/ branding research, new product development research dan bermacam riset lainnya (kuantitatif maupun kualitatif). Setelah anda dapat mengambil insight dari datamining dan riset yang anda lakukan dengan benar, saya sangat yakin indahnya sebuah kompetisi baru dapat anda nikmati dan ini akan meningkatkan value dari produk anda.

Related Posts:

2 komentar:

Anonymous said...

eh. contohmu kurang
buat apa susah2 bikin materi seminar. kan tinggal jiplak blog-mu, dah bisa laku sejuta lebih per peserta.

kreatif pa malas?

Unknown said...

makasih ya, tambahannya...

untuk urusan jiplak-menjiplak.... apakah itu resiko penulis? Yang pasti, tidak pernah ada kepuasan dan kebanggaan atas intelegensi bagi yg jiplak untuk bikin materi seminar. Tapi, memang masih ada yang mempedulikan intelegensi ya sekarang ini?