May 22, 2010

Implementasi Analisa Data Statistik menggunakan R

Dengan semakin melimpahnya data dan berkembangnya metode statistika, analisa data statistik sudah tidak memungkinkan lagi dikerjakan secara manual. Software statistik sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan ini.


Kelompok paket software statistik untuk keperluan analisis data secara umum dibagi ke dalam dua kelompok :
- Kelompok software komersil. Misalnya : SPSS, Minitab, EViews, SAS, Splus
- Kelompok software statistik open source atau freeware. Misalnya : R, Open Stats, SalStat, Vista

Software statistik yang komersil mensyaratkan lisensi dengan harga yang relatif sangat mahal untuk sebagian besar pengguna di Indonesia.

Namun, data tetap harus disajikan, informasi tetap harus digali sebagai dasar pengambilan keputusan. Sehingga, penggunaan freeware statistik menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan mahalnya lisensi tersebut.


Apakah R?


R merupakan suatu bahasa dan lingkungan (environment) pemrograman untuk komputasi statistik dan grafis yang serupa dengan bahasa dan lingkungan pemrograman S. R menyediakan beragam teknik statistik dan grafik, yang sampai saat ini terus berkembang.

Versi awal dari R dibuat pada tahun 1992 di Universitas Auckland, New Zealand oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Pada saat ini, source code kernel R dikembangkan terutama oleh R Core Team yang beranggotakan 17 orang statistisi dari berbagai penjuru dunia.

R dalam versi terakhirnya, yaitu versi 2.11.0 yang dirilis pada 22 April 2010, merupakan suatu sistem analisis data statistik yang komplit sebagai hasil dari kolaborasi penelitian berbagai ahli statistik (statistisi) di seluruh dunia.

Paket statistik R bersifat multiplatforms, dengan file instalasi binary/file tar tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS, Mac OS X, Linux, Free BSD, NetBSD, irix, Solaris, AIX, dan HPUX dan dapat diperoleh secara gratis di sini.

Fungsi dan kemampuan dari R sebagian besar dapat diperoleh melalui Add‐on packages/library. Suatu library adalah kumpulan perintah atau fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Sebagai contoh, fungsi untuk melakukan analisis neural network dapat diperoleh di nnet.

Bagaimana pengguna yang awam dengan Bahasa Pemrograman dan Statistik?

Meskipun R mengutamakan penggunaan bahasa pemrograman, bagi pengguna yang awam dengan metode statistik dan bahasa pemrograman, dapat memanfaatkan paket R-Commander yang telah disediakan di library.

Dengan mengaktifkan paket R-Commander, pengguna dapat melakukan pengolahan data secara statistik dengan mudah, semudah menggunakan SPSS, Minitab ataupun software statistik berlisensi lainnya. Hal ini sangat dimungkinkan karena melalui R-Commander, pengguna bisa langsung melakukan pengolahan data dengan memilih menu-menu yang disediakan pada jendela R-Commander.

Mudah, Murah dan tetap Kreatif adalah Kelebihan Pengolahan data dengan R, Silahkan mencobanya!!!

Informasi ini juga diambil dari berbagai sumber :
- http://cran.r-project.org
- http://poss.president.ac.id
- http://statistikakomputasi.wordpress.com


1 komentar:

marvine said...

Terimakasih infonya, sangat membantu.
Salam.
Statistik