Pricing research adalah salah satu bagian market research yang akan membantu anda untuk menetapkan harga jual produk agar menarik dan dapat diserap pasar. Artinya, harga yang optimum, sesuai dengan kualitas produk dan persepsi konsumen terhadap utilitas produk.
Berbeda dengan perhitungan secara ilmu ekonomi yang lebih banyak mendasarkan pada perhitungan bahan baku, bahan pembantu maupun kapasitas produksi, pricing research juga membantu produsen menentukan harga optimum dengan melihat bagaimana segmen pasarnya, bagaimana positioning produk di pasar dan tentunya dengan analisis sensitivitas harga. Jika tidak cermat dalam melakukannya, bukan hanya merugikan produsen (bila harga terlalu rendah), namun juga dapat merusak image produk di pasar.
Proses inti pada pricing research tidak jauh berbeda dengan market research pada umumnya, namun beberapa hal berikut mungkin sebaiknya diperhatikan agar dapat dicapai hasil yang optimal :
- Metode riset yang baik dalam pricing research adalah kombinasi dari riset kuantitatif dan riset kualitatif. Riset kualitatif yang anda lakukan seharusnya dapat melengkapi data-data kuantitatif yang telah anda peroleh.
- Pengetahuan mengenai segmen pasar dan positioning produk di pasar sebaiknya dikuasai dulu oleh periset
- Melakukan wawancara pada responden tentang opininya terhadap produk berdasarkan pengalamannya bukan hanya pada produk yang bersangkutan namun juga pada produk sejenis, produk substitusi dan produk pelengkap, seberapa value dan kelebihan yang diberikan produk.
- Menentukan ukuran sampel yang cukup mewakili seberapa besar pasar yang telah dan akan diraih.
0 komentar:
Post a Comment