October 6, 2007

Melihat Potensi Pasar


Pada saat sebuah perusahaan ingin memperluas jangkauan pemasarannya (terutama perusahaan jasa), data tentang potensi pasar sangat diperlukan. Bagaimana cara mendapatkan dan meyakinkan investor/ jajaran direksi bahwa daerah tersebut benar-benar berpotensi untuk produknya?


Sebenarnya, tiap daerah memiliki potensi. Mengukur potensi yang saya maksudkan disini adalah melihat kebutuhan masyarakat tentang produk, kemampuan membeli, peluang mendapatkan pelanggan dan peluang produk akan lebih berkembang.

Bagi orang yang memiliki intuisi tajam, mungkin dengan mudah akan melihat peluang-peluang tersebut. Namun sebuah perusahaan adalah tim, dimana harus meyakinkan beberapa pengambil keputusan bahwa sebuah area layak bagi pemasaran produk mereka, dan ini akan lebih baik dibawakan dalam sebuah presentasi. Presentasi harus bisa memberikan gambaran mengenai kondisi daerah yang dimaksud. Bukan hanya ceritaan yang terkesan sebagai pendapat subyektif.

Untuk menggambarkan dengan jelas dan seobyektif mungkin, anda memerlukan data yang tersaji dengan menarik. Mungkin dengan bantuan peta potensi. Sehingga cukup jelas titik-titik mana atau cluster area mana yang paling tepat menjadi sasaran pemasaran saat ini. Anda perlu memasukkan beberapa variabel yang merupakan indikator sebuah daerah berpotensi tinggi mengkonsumsi produk anda (saya contohkan untuk suatu produk adalah: tingkat konsumsi makanan, tingkat kebutuhan untuk berwisata, banyakya pengunjung mall, tingkat pendidikan dan sebaginya).

Banyak metode statistik yang selanjutnya dapat anda pergunakan untuk melakukan analisis potensi pasar dengan multi variabel tersebut. Sebagai contoh adalah : analisis faktor, analisis regresi, analisis cluster, correspondensi analysis. Hasil dari analisa tersebut selanjutnya dapat anda sajikan dalam bentuk peta, jika ingin lebih interaktif menampilkan peta dengan GIS adalah pilihan terbaik.

Related Posts:

0 komentar: