July 18, 2007

Bukan Hanya Sekedar Benchmarking

Sering kita mendengar para pejabat pemerintah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri dengan tujuan benchmark, top management di sebuah perusahaan mengunjugi perusahaan relasi dengan tujuan benchmark. Tulisan berikut tidak akan membahas detail tentang kegiatan yang mereka lakukan disana. Tapi lebih menyorot tentang esensi dari kegiatan tersebut.

Pada saat seseorang atau organisasi berencana melakukan benchmark, tentu yang mereka lakukan adalah mengamati, mempelajari, membandingkan, melakukan analisis dan menyimpulkan. Sebenarnya hal ini tidak jauh berbeda dengan aktifitas riset. Bedanya hanya pada banyaknya data dan sampling. Bukan berarti tidak ada sampling, namun prosesnya yang sedikit berbeda, jika anda melakukan benchmark dengan benar.

Bayangkan ketika anda mengamati, mempelajari membandingkan, menganalisis dan menyimpulkan suatu obyek, sedangkan antar obyek itu sendiri tidak layak diperbandingkan. Setiap pengamatan yang anda lakukan merupakan sampel. Jadi, sebenarnya ada cara-cara dalam melakukan pengamatan (ibaratnya prosedur pengambilan sampel). Sebagai contoh, bila anda melakukan benchmark terhadap layanan nasabah di sebuah bank.

  • Populasinya adalah keseluruhan proses layanan di bank itu. Sehingga anda harus mempelajari sebelum melakukan benchmark.
  • Sampelnya diambil di tiap-tiap titik layanan
  • Periode pengambilan sampelnya terbatas.
  • Cara pengambilan sebaiknya secara random, namun dapat dipertajam dengan menambah pengamatan pada titik-titik tertentu.

Ketepatan dalam melakukan pengamatan ini menentukan ketajaman analisis dan hasil pengambilan keputusan yang anda lakukan. Jadi, bukan hanya sekedar benchmark.

Related Posts:

  • Melihat Potensi PasarPada saat sebuah perusahaan ingin memperluas jangkauan pemasarannya (terutama perusahaan jasa), data tentang potensi pasar sangat diperlukan. Bagaiman… Read More
  • SES sebagai dasar pertimbangan dalam segmentasi ?Terdengar lucu bagi saya, jika manager sebuah perusahaan dengan 'pe de' nya mengatakan segmentasi dan target pasar saya adalah orang-orang SES A (Atas… Read More
  • Survey, PerlukahAkhir-akhir ini penawaran jasa survey dengan dana mulai puluhan hingga ratusan juta rupiah kian menjamur. Bukan hanya semakin banyak lembaga survey, n… Read More
  • Perlukah Banyak Variabel Dalam Riset ?Issue yang berkembang didunia riset saat ini adalah banyaknya hasil riset yang dianggap "tidak benar". Kenapa demikian ? Salah satu temuan dari Tufts … Read More
  • Kualitas Hasil RisetBanyak orang mengaku telah melakukan riset. Namun, bagaimana sebuah hasil riset dapat dipercaya ? Bila seseorang menyatakan kesimpulan dari hasil rise… Read More

0 komentar: