January 20, 2011

OTCC : Formulasi Menarik tuk Tumbuhkan Bisnis



Tak jarang kita merasa hanya memiliki 2 tangan, otak yang terbatas dan merasa lelah. Banyak peluang di depan mata, akhirnya pun lepas. Bukan karena lalai atau tak sensitif dengan peluang itu, melainkan lebih pada alasan "keterbatasan". Namun, jika terlalu memaklumi alasan ini, apakah bukan malah menjadi bumerang bagi bisnis kita?

Kalau mau bercermin, apakah benar-benar ini adalah sebuah "keterbatasan", atau kah kita yang kurang cerdik dalam mendayagunakan semua sumber daya di sekitar kita?

OTCC, saya sebut sebuah formulasi menarik untuk menyiasati kendala ini. Sebuah formulasi yang patut dipertimbangkan kala ingin tumbuhkan bisnis anda.

Bagaimana caranya ?

- Owner :
Anda adalah owner dari sebuah bisnis. Owner bisa 1 orang atau lebih. Tapi yakini, sebagai owner, anda memiliki "pelatih" yang mengarahkan/ memandu jalan bisnis anda.
- Team :
Jika anda adalah owner dari sebuah bisnis, hal utama yang harus anda pikirkan adalah keberadaan team. Walaupun sah-sah saja jika anda langsung menangani customer, namun alangkah baiknya jika perlahan-lahan libatkan team anda. Untuk ini, anda memang harus bertindak sebagai "pelatih" team untuk memintarkan team anda. Memang ada resiko, yaitu kesalahan memilih team, namun tentunya hal ini bisa diminimalisasi dengan proses pemilihan team.
- Customer
Suatu saat, biarlah team yang akan terlibat erat dengan customer anda. Team lah yang akan memuaskan para customer.

- Company
Dan pada saat customer puas, transaksi ulang akan terjadi dan ini akan menguntungkan bisnis anda (company). Dan ketika company bertumbuh, maka anda sebagai owner yang kembali akan diuntungkan.


Siklus ini akan terus berulang, dan sebenarnya kunci utamanya adalah pada kesiapan owner untuk menjadi "pelatih" yang tangguh pada team nya.

1 komentar:

sprei said...

thaks infonya mas, salam kenal