April 22, 2010

Visualisasi Data dengan R Graphic

Buku ke-1 Berbagi.NET



Resensi :
Grafik merupakan sarana yang paling mudah bagi seorang analis data untuk menyampaikan informasi kepada penggunanya. Hal ini, karena visualisasi objek dan warna memang lebih menarik bila dibandingkan dengan deretan angka.

Namun, tentunya tujuan akhir dari analisa data bukan hanya pada penyampaian informasi berupa grafik yang menarik, tetapi menyajikan informasi yang dapat menunjang proses pengambilan keputusan. Yaitu, informasi yang detail, cermat, dan cepat. Bantuan software tentu diperlukan, terutama agar data dapat tersaji dengan cepat. Namun, tidak semua software bisa diperoleh secara gratis.

Buku Visualisasi Data dengan R Graphic ini dapat memberikan panduan bagi para pengelola data untuk dapat menyajikan data dalam grafis yang cepat dan tepat (cermat dan mendetail) dan murah, karena memanfaatkan software R yang bisa diunduh secara gratis oleh siapapun.

Beberapa cara pembuatan grafik seperti : Ballon Plot, Notched Boxplot, Enhanced Bar Plot, Dotplot Market Share, Pairs Plot, Back to Back Histogram, Thermometer Plot, Calendar date Gantt Chart, Image Profile, Pie Chart Series dan Barplot with Gap Value dibahas dalam buku ini berikut dengan studi kasusnya.

0 komentar: