January 19, 2008

Bukan hanya PR yang Cerdas, tapi juga Memikat



Setiap perusahaan tentu membutuhkan aktifitas PR (public relation), bagaimana membuat PR yang cerdas ? Bagaimana membuat PR yang mengena, sedemikian hingga sebuah perusahaan rokok atau farmasi yang tidak diperkolehkan menyatakan kalimat-kalimat ajakan dalam setiap media publikasinya bisa mengemas PR yang dekat dengan konsumen ?


Surabaya, memang dikenal sebagai kota bisnis, kota perdagangan hingga saking kentalnya dengan image ini, tidak lagi ada tempat yang nyaman dan asyik untuk sekedar santai bersama kerabat, melepas lelah dan beristirahat sejenak. Kalaupun ada tempat wisata seperti kebun binatang, pantai kenjeran, mall dan hotel-hotel berbintang tampaknya tidak cocok juga sebagai tempat bersantai yang nyaman dan aman, belum lagi mahalnya.

Sampoerna dengan jeli melihat hal itu dan berhasil menyulap sebuah tempat wisata yang nyaman, aman dan bermuatan sejarah serta pengetahuan pada media PR-nya, yaitu : HOUSE Of SAMPOERNA. Lokasinya saja sudah mencerminkan "brand" perusahaan empunya gedung itu, yaitu di jalan Taman Sampoerna nomor 6 Surabaya. Dan nuansa lokasi bersejarah dipilih yaitu pusat kota Surabaya beberapa tahun silam (Surabaya Lama) yang kini tidak sebegitu ramai aktifitasnya.

Dari sudut pandang seorang marketer atau pebisnis, jelas bahwa House of Sampoerna merupakan media PR PT.HM.Sampoerna, tbk. Namun, dengan kejeliannya bisa jadi masyarakat tidak peduli pada tujuan PR-nya dan malah mencoba mendekat untuk menikmati apa saja yang dapat disuguhkannya. Bagi wisatawan keluarga, museum yang ada didalamnya berikut penggalan proses pembuatan dan pengemasan batang rokok sampoerna dapat dijadikan sebagai media belajar / pengetahuan bagi anak-anak. Bagi penggemar karya seni, galeri lukisan dan pagelaran atau live music pada hari-hari tertentu merupakan satu tontonan yang mengasyikkan. Dan tidak terlewatkan, bagi profesional dan pebisnis yang ingin menjamu klien atau sekedar meeting kecil, cafe didalamnya dengan alunan musik jazz juga merupakan tempat yang sangat representatif. Tidak tertutup kemungkinan juga bagi anda yang hanya sekedar singgah di Surabaya, sambil menunggu klien, sambil menunggu jam keberangkatan kereta atau pesawat dan butuh tempat peristirahatan 1 - 3 jam transit di House Of Sampoerna bisa menjadi sebuah pilihan.

Tidak salah bukan kalau saya menyebut tempat ini bukan hanya merupakan media PR sebuah perusahaan rokok yang cerdas, namun juga wisata kota yang memikat ?

0 komentar: