May 28, 2007

Praktis dan Benar Melakukan Riset Pemasaran ?

Judul Buku : Marketing Research – An Applied Orientation

Pengarang : Naresh K Malhotra

Penerbit : Pearson International Edition

Tebal : 715 halaman


Marketing Research (riset pemasaran) merupakan satu hal penting yang layak dipertimbangkan setiap akan melakukan aktivitas pemasaran. Banyak perusahaan telah sukses mengembangkan produknya dengan melakukan riset pemasaran, diantaranya : P&G, Coca Cola, Mc. Donald. Namun tentunya, ada persyaratan yang dipenuhi untuk melakukan riset pemasaran yang sukses.

Sebelum berbicara mengenai persyaratan/ tatacara riset. Seorang pelaku riset pasar harus mengetahui riset apa yang akan dia laukan. Karena pada dasarnya ada 2 jenis riset, yaitu :

- Riset Identifikasi Masalah, diantaranya : Riset Potensi Pasar, Riset Pangsa Pasar, Riset Citra (Merek/ Perusahaan), Riset Karakteristik Pasar, Riset Analisa Penjualan, Riset Peramalan, Riset Tren Bisnis

- Riset Pemecahan Masalah, diantaranya : Riset Segmentasi, Riset Produk, Riset Penetapan Harga, Riset Promosi dan Riset Distribusi.

Jenis riset harus ditentukan terlebih (sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai) dahulu sebelum proses riset diawali. Proses Riset Pemasaran itu sendiri, memuat 6 (enam) langkah praktis, yaitu :

- Perumusan masalah secara sistematis

Pada saat perumusan masalah, jelas sekali beberapa poin yang haru diperhatikan adalah : apakah tujuan utama riset (mengidentifikasi masalah/ peluang ? ataukah memecahkan masalah ?) Karena tentunya, ini akan mengarah pada jenis riset yang akan dilakukan

- Penentuan Desain Riset

Periset harus mengetahui beberapa fenomena yang berkaitan dengan permasalahan riset tersebut. Selanjutnya, periset juga harus merumuskan hipotesis , tipe pertanyaan dan riset apa yang sebaiknya dilakukan.

- Perancangan Metode Pengumpulan Data

Pada bagian ini, harus jelas bahwa data yang digali dapat menjawab permasalahan/ tujuan riset. Beberapa hambatan yang mungkin akan terjadi saat pelaksanaan riset juga harus dipertimbangkan oleh periset, diantaranya : cara melakukan riset, cara mendapatkan jawaban yang obyektif, dll

- Perancangan Sample dan Pengumpulan Data

Perancangan sample, meliputi : kerangka sampling, target sampling (responden), cara melakukan sampling. Dan pada saat pengumpulan data, seorang periset perlu juga mempertimbangkan, agar diperoleh data yang valid bukan hanya reliable.

- Analisis dan Interpretasi Data

Teknik-teknik statistic pada umumnya digunakan pada tahap ini.

- Penyusunan Laporan Riset

Laporan riset harus menjawab tujuan awal dilakukannya riset pemasaran. Namun juga perlu dipertimbangkan beberapa hal mengenai : teknik penyampaian (presentasi) dan format laporan yang mudah dibaca oleh awam.

Walaupun terkesan rumit, 2 jenis kegiatan riset dan ke-6 tata cara pelaksanaan riset pemasaran tersebut dibahas secara lengkap dan detail oleh malhotra dalam buku ini. Setiap bahasan telah dilengkapi dengan contoh-contoh kasus agar pembaca benar-benar memahami alur proses riset pemasaran.

0 komentar: