February 10, 2010

Popeye aja tau

Iseng pas ganti-ganti channel TV, lihat film kartun Popeye. Waahh... tapi saya ga hapal nama pemerannya ya...

Di potongan cerita itu saja ada Bapak Popeye dan dua anaknya A (kakak) dan B (adik). Suatu saat si B sakit perut, dan sang kakak bilang,"minum aja obat kakak, dulu kakak dikasih dokter pas sakit perut dan sembuh". Buru-buru si Bapak mengatakan, "eh, jangan minum sembarang obat, obat itu diberikan dokter hanya untuk kakak".

Diluar cerita popeye itu,
Kemarin juga pas ngelihat ada berita di salah satu televisi yg menceritakan seorang anak yang kulit di sekitar lehernya jadi gosong setelah imunisasi di sekolah. Lalu ada penjelasan seorang dokter bahwa "imunisasi itu menjadi memberikan masalah pada si anak karena ternyata anak tersebut menderita alergi tertentu yang dibilang "langka".

Perilaku yang umum di sekitar kita, setelah seseorang dokter memberi obat A kepada pasien, maka bila sembuh, dengan mudahnya pasien tersebut menyarankan obat yang sama pada orang lain dengan keluhan penyakit yang sama; dan ironisnya obat tersebut lantas juga dikonsumsi tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Padahal pemberian obat maupun imunisasi adalah tindakan memasukkan bahan kimia ke dalam tubuh. Tentunya harus spesifik donk, karena tidak semua manusia bisa di sama-kan kondisi tubuhnya.

Popeye aja tahu....!!!

Disalin dari catatan saya di Facebook, 22/2/2009

0 komentar: