
CSR is the commitment of business to contribute to sustainable economic development working with employees and their representatives, the local community and society at large to improve quality of live, in ways that are both good for business and good for development (bank dunia)
Beberapa perusahaan yang melakukan aktivitas CSR menyatakan bahwa manfaat terbesar yang dirasakan setelah pelaksanaan CSR adalah meningkatnya citra perusahaan dan meningkatnya hubungan baik dengan masyarakat. Dan tentunya, manfaat ini terasa pada saat aktivitas CSR tersebut dilakukan dengan kesungguhan (bukan sekedar ada) dan berkesinambungan. Di negara maju seperti Jerman, CSR bahkan sudah membudaya dan sudah suatu kewajiban, hingga terbentuklah departemen CSR dalam struktur organisasi suatu perusahaan.
Untuk berhasil dalam pelaksanaannya, isu CSR yang diangkat oleh sebuah perusahaan sebaiknya harus relevan dengan strategi perusahaan, budaya perusahaan, misi dan vis perusahaan, produk inti (core product) dan pasar inti (core market). Karena pemilihan isu yang tepat seperti manfaat yang telah dirasakan beberapa perusahaan, dapat membangun identitas merk (brand identity) bahkan lebih lanjut dapat meraih pangsa pasar lebih besar, melakukan penetrasi pasar ataupun menyisihkan kompetitor. Pada akhirnya, aktivitas CSR yang dilakukan dengan benar diyakini mampu memperbaiki kualitas bisnis dan prospek jangka panjang perusahaan, hingga pada saatnya dapat menjadi sumber keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Yang perlu diingat, CSR bukanlah kegiatan buang-buang duit atau basa-basi bakti sosial sesaat semata, namun aktivitas strategik dan komprehensif yang dilaksanakan perusahaan dan diarahkan untuk mewujudkan bottom line business goal : keuntungan jangka panjang.
0 komentar:
Post a Comment