June 15, 2007

Oke dari Hongkong ?

Seorang profesional muda yang dengan penuh percaya diri akan pergi menemui klien untuk melakukan presentasi tiba-tiba disapa oleh seorang bapak (yang mungkin adalah atasannya dan kurang lebih berjarak usia 20 tahun). Setelah bapak tersebut mengetahui bahwa profesional muda itu akan pergi untuk presentasi ke klien, maka si bapak mulai merubah penampilan dari profesional itu menurut persepsi yang menurutnya adalah penampilan terbaik. Bagaimana penampilan baru profesional muda itu ? Ya, menurut saya menjadi penampilan yang old fashion dan dia menjadi kurang percaya diri. Di sela-sela adegan itu, ada kalimat yang terucap : Oke dari Hongkong ? Yang Muda yang Tidak Dipercaya…




Inilah penggalan iklan dari Sampoerna A-Mild yang membuat saya tergelitik. Iklan yang sangat kreatif dan mengena pada segmennya. Coba perhatikan, gaya beberapa perusahaan manajemen lama (di Indonesia khususnya) yang masuk pada era saat ini ; cenderung memaksakan aktivitasnya seperti yang dilakukannya di masa lalu…. “Jadul” kalau istilah anak muda sekarang. Kalau mereka ditanya, ”ya, karena dulu dengan begini kita bisa sukses”.


Ada yang mereka lupakan, semuanya telah berubah ; tuntutan pasar, persepsi konsumen, produk-produk inovatif, teknologi telah menjadi lebih baik dan masih banyak lagi. Mereka tidak mau berubah atau tidak siap untuk berubah. Dan bisa dipastikan, perusahaan itu dalam kondisi sakit ; penjualan tidak bisa meningkat signifikan, banyak karyawan tidak produktif (hanya duduk-duduk di kantor tanpa aktivitas yang berarti), sering adanya rapat-rapat yang lama tanpa ada effort yang pasti, aktivitas promosi itu-itu saja, tidak adanya generasi muda yang profesioanl dan berpacu dalam aktifitas perusahaan (aktifitas didominasi oleh orang-orang lama yang tidak mau belajar).


Sampoerna telah dengan jeli mengamati kondisi itu (tentunya dengan data dan riset yang akurat). Dengan mengangkat iklan ini, sampoerna menegaskan bahwa A-Mild adalah rokok baru dan kebanggaan profesional muda saat ini, bukan rokok “jadul” (jaman dulu). Kalau mau tampil profesioanal dan penuh percaya diri, inilah rokok yang seharusnya anda konsumsi.

0 komentar: